Manokwari Bili Jaya Hotel, 3/10/2019. Bidang Pemerintahan Kampung dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Provinsi Papua Barat melaksanakan Bimtek Software Sistem Pengolahan Aset Milik Desa (SIPADES) bagi aparatur kampung di 12 Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat.

Sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa memiliki kewajiban untuk melakukan Pengelolaan Aset Desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, sehingga menjadikan Desa maju, mandiri dan sejahtra. Berdasarkan amanat tersebut Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa sebagai pengemban tugas dan fungsi untuk memfasilitasi Pemerintah Desa dalam Pengelolaan keuangan dan Aset Desa.

Telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa dan Pedoman Umum Kodefikasi Aset Desa satu tahun berselang yaitu pada tahun 2017. Disamping itu mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa telah membangun dan mengembangkan Sistem Pengelolaan aset Desa berbasis sistem Informasi berdasarkan Permendagri No.1 tahun 2016 yang dinamakan Sipades

SIPADES merupakan Aplikasi Pencatatan Administrasi Pengelolaan Aset Desa mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi Aset Desa sesuai dengan Pedum Kodefikasi Aset Desa.

Software SIPADES bertujuan untuk mempermudah pemerintahan desa dalam pencatatan barang milik Kampung (Desa) yang berasal dari kekayaan asli milik Kampung, dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBKam) atau perolehan Hak lainnya yang sah.

Untuk itu dengan dilaksanakannya Bimtek Software SIPADES peserta diharapkan dapat mengerti dan memahami cara penggunaannya sehingga bisa diterapkan di kampung masing-masing demi mencapai pengelolaan aset desa yang lebih transparan dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli kampung.